"Tugas 2 (Ilham )PDSB23"

 

Ruang Lingkup Pemodelan Dan Simulasi Oleh Muhammad Ilham Ramadhan PDS5B23


nama : Muhammad Ilham Ramadhan

NIM : 2103015127


Ruang lingkup simulasi dan pemodelan

    Simulasi diartikan sebagai teknik menirukan atau memperagakan kegiatan berbagai macam  proses atau fasilitas yang ada di dunia nyata.

    Simulasi merujuk pada metode menirukan atau menampilkan beragam aktivitas, proses, atau fasilitas yang terdapat pada dunia nyata. istilah ini sering di gunakan dalam konteks ilmiah untuk membantu merumuskan asumsi asumsi tentang cara oprasi sistem tersebut.

    Dalam rangka memahami cara kerja sistem, di bentuk asumsi asumsi yang sering kali di ungkapkan dalam bentuk hubungan matematika dan logika. Asumsi asumsi ini digunakan membentuk model yang membantu kita mendapatkan pemahaman tentang bagaimana sistem tersebut berintraksi dan berperilaku

Jika hubungan yang membentuk model cukup simpel, hubungan tersebut bisa menggunakan metode matematik (seperti aljabar, kalkulus atau teori probabilitas) untuk mendapatkan informasi yang jelas setiap permasalahan tertentu, sistem ini disebut dengan solusi analitik.

     Bagaimanapun juga untuk memperkenalkan model-model realistik dimana terlalu kompleksnya sistem-sistem di dunia nyata untuk dievaluasi secara analitik maka model-model tersebut harus dipelajari secara simulasi.

 Lingkup aplikasi simulasi sangat banyak dan terdiri dari beberapa bagian. Berikut adalah contoh beberapa jenis permasalahan utama dimana simulasi dibangun menjadi alat yang bermanfaat:

*  Perancangan dan analisis sistem manufaktur

* Evaluasi sistem persenjataan militer atau persyaratan militer lainnya

* Penentuan persyaratan hardware atau protokol untuk jaringan komunikasi

* Penentuan persyaratan hardware dan software untuk sistem komputer

* Perancangan dan operasional sistem transfortasi seperti bandara udara,

          jalan tol, pelabuhan laut dan jalan bawah tanah.

* Evaluasi rancangan pada organisasi jasa seperti call center, restoran cepat

 

Simulasi adalah alat yang efektif untuk eksperimen dalam mencari solusi terbaik dalam sistem

Comments

Popular Posts